Cara Menyembuhkan Wasir Secara Alami dengan Pola Hidup Sehat

Wednesday, December 20th, 2017 - Obat, Pengobatan Alami

Sebagian besar masyarakat tentu sudah mengenal penyakit ini. Banyak masyarakat yang mengalami gangguan wasir baik disadari maupun tidak disadari. Wasir atau dikenal juga sebagai ambeien adalah suatu gangguan ketika terjadi pembengkakan di daerah sekitar anus. Pembengkakan ini mengakibatkan terbentuknya benjolan yang berisi pembuluh darah. Jika masih dalam tahap awal, umumnya wasir tidak menunjukkan gejala yang berarti.

Gejala awal wasir yang biasanya muncul diantaranya:
– Buang air besar terasa sakit
– Terdapat darah segar ataupun lendir bersama dengan keluarnya buang air besar
– Terasa ada tonjolan di daerah sekitar anus, tidak terasa sakit tapi dapat diraba

Jika Anda mengalami gejala tersebut yang muncul dengan intensitas sering lebih baik periksakan diri Anda. Meskipun pada awalnya dianggap sepele, wasir yang tidak ditangani dengan baik atau pola hidup yang tidak dijaga bisa semakin memperparah kondisi wasir. Wasir yang sudah dalam tahapan parah harus diatasi dengan tindakan medis agar tidak mengganggu kenyamanan dan kesehatan penderita. Disinilah pentingnya menjaga pola hidup sehat sebagai salah satu cara menyembuhkan wasir secara alami tanpa obat-obatan. Pola hidup sehat juga bisa mencegah wasir sebelum muncul di tubuh Anda.

Penyebab Wasir
Gangguan wasir ini bukan semata-mata muncul tanpa disertai pemicu sebelumnya. Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya pelebaran pembuluh darah di sekitar daerah anus, diantaranya:

– Kurang asupan makanan berserat
Tubuh yang kekurangan serat dapat menyebabkan terganggunya proses pencernaan. Kandungan serat dalam sayur dan buah segar dapat membantu proses pembentukan feses dengan sempurna sehingga mudah dikeluarkan. Makanan beserat juga mencegah terjadinya konstipasi yang dapat menyebabkan timbulnya wasir.

– Sembelit
Sembelit adalah gangguan pencernaan yang menyebabkan penderita jarang buang air. Penderita sembelit bisa hanya buang air 3 kali dalam seminggu padahal normalnya manusia harus mengeluarkan kotoran setiap hari. Feses atau kotoran yang menumpuk di usus akibat tidak dapat dikeluarkan lama kelamaan akan mengeras dan semakin sulit dikeluarkan. Feses yang keras membuat Anda harus mengejan lebih keras pula ketika buang air besar. Nah, inilah yang nantinya bisa berakibat pada timbulnya wasir. Mengejan terlalu keras akan menekan pembuluh-pembuluh darah disekitar anus yang bisa menyebabkan terjadinya pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah. Kondisi ini jika sering terjadi akan menyebabkan pembengkakan akan semakin besar dan wasir akan semakin parah.

– Diare terus menerus
Jika Anda diare terus menerus maka Anda akan menghabiskan waktu cukup lama di toilet. Seringnya buang air besar ketika diare dapat menyebabkan peradangan pada anus. Peradangan inilah yang biasanya menyebabkan penderita diare merasakan anus terasa perih ataupun sakit setelah buang air besar. Diare yang tidak segera diobati bisa membuat peradangan terjadi semakin parah dan membesar yang kemudian bisa menjadi wasir.

– Terlalu sering duduk dalam jangka waktu lama
Jangan biasakan duduk dalam waktu yang terlalu lama. Hal ini membuat bagian panggul Anda tertekan dan bisa membuat pembuluh darah juga mengalami tekanan. Tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan yang berujung pada wasir.

– Sering jongkok dalam waktu lama
Penggunaan kloset jongkok di kamar mandi rumah sebenarnya bisa mempermudah proses buang air besar karena posisi berjongkok sangat efektif untuk kerja otot-otot ketika mengejan. Akan tetapi, berjongkok terlalu lama juga perlu dihindari karena bisa membuat pembuluh darah di anus akan terdorong keluar dan menjadi wasir. Sebaiknya hindari berjongkok terlalu lama baik ketika buang air besar ataupun selain itu. Jika Anda diharuskan untuk berjongkok untuk melakukan kegiatan tertentu maka selingilah dengan berdiri sejenak pada interval beberapa waktu sekali.

– Kehamilan pada wanita
Kondisi hamil banyak mempengaruhi tubuh seorang wanita, salah satunya perubahan hormon dan adanya pertumbuhan janin yang semakin membesar. Selama kehamilan terjadi peningkatan hormon progesteron yang terkait dengan janin. Di sisi lain ternyata peningkatan hormon ini bisa menghambat proses pencernaan yang bisa memicu wasir. Ukuran janin yagn semakin besar juga biasanya akan menekan organ lain dalam tubuh, sehingga beban berat serta gerakan-gerakan yang dilakukan wanita selama hamil bisa memicu terjadinya pecah pembuluh darah yang menyebabkan terjadinya wasir.

– Berkurangnya kemampuan jaringan tubuh seiring bertambahnya usia
Jaringan tubuh termasuk otot-otot manusia akan semakin mengendur dan berkurang kemampuan menahannya termasuk jaringan di dekat bagian pembuangan manusia atau anus. Hal inilah yang menyebabkan wasir banyak diderita oleh orang dewasa dan lanjut usia.

– Obesitas
Seperti halnya yang terjadi pada ibu hamil, orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas juga berisiko terkena wasir karena ukuran badan yang besar akan membuat beban tubuh semakin berat. Timbunan lemak di dalam tubuh membuat.

– Mengangkat benda berat dengan frekuensi yang sering
Mengangkat benda yang berat membuat otot-otot di sekitar panggul berkontraksi untuk menahan beban. Kontraksi ini bisa menyebabkan Anda mengejan seperti halnya ketika akan buang air besar. Jika dilakukan terus menerus maka pembuluh darah di anus bisa tertekan dan mengalami pembengkakan. Kondisi ini yang kemudian bisa menyebabkan terjadinya wasir.

Selain kondisi hamil pada wanita, penyebab wasir lainnya sebenarnya dapat dihindari dengan menerapkan pola hidup yang sehat serta menjaga aktivitas fisik yang dilakukan. Pada kasus wasir yang disebabkan kehamilan, Anda tetapi bisa mengatasinya dengan beberapa cara menyembuhkan wasir diantaranya memperhatikan asupan makanan serta banyak beraktivitas.

Pola Hidup Sehat untuk Mencegah dan Mengobati Wasir
Kunci dari tubuh yang sehat dan bugar adalah selalu menjaga asupan makanan dan rutin melakukan aktivitas fisik yang baik bagi tubuh. Mencegah dan mengobati wasir tahap awal dapat dilakukan dengan beberapa cara menyembuhkan wasiryang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut penjelasannya:

1. Konsumsi makanan berserat
Makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan sangat diperlukan oleh saluran pencernaan supaya lancar dan tidak terhambat. Rutin menkonsumsi sayuran dan buah-buahan segar dapat menghindarkn Anda dari sembelit atau susah buang air besar dan merupakan kunci utama cara menyembuhkan wasir secara alami. Susah buang air besar inilah yang dapat memicu terjadinya wasir karena sembelit membuat proses buang air besar lebih sulit sehingga perlu mengejan dengan lebih keras. Mengejan terlalu keras bisa menekan jaringan anus yang memicu wasir. Jika Anda terhindar dari sembelit maka buang air besar Anda tidak memerlukan terlalu banyak usaha untuk mengejan sehingga menurunkan risiko wasir. Selain menghindari sembelit, konsumsi sayur dan buah juga sangat bermanfaat untuk kulit dan tubuh. Kebutuhan vitamin dan mineral tubuh terpenuhi serta kulit akan terlihat lebih muda dan bercahaya. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui bukan?

2. Banyak minum air putih
Konsumsi air putih yang cukup setiap hari, seperti anjurannya yaitu minimal 8 gelas dapat mengurangi risiko Anda terkena wasir. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan mendistribusikan air ke seluruh jaringan tubuh, tidak terkecuali ke usus. Hal ini menyebabkan feses tidak terlalu keras dan tidak menyebabkan sembelit. Cara menyembuhkan wasir ini sangat mudah dan murah, tapi memberikan dampak yang cukup signifikan.

3. Tidak duduk terlalu lama
Poin ke-3 ini menjadi pengingat bagi Anda yang merupakan pegawai kantoran dan lebih banyak menghabiskan waktu di balik meja. Usahakan Anda tidak duduk diam terus menerus dalam waktu yang lama. Sesekali selingi dengan berdiri dan berjalan-jalan disekitar lingkungan kantor atau bahkan hanya mengelilingi ruangan Anda. Aktivitas ringan ini jika dilakukan dengan rutin akan sangat membantu melancarkan sirkulasi darah. Selain sebagai cara menyembuhkan wasir dan mencegahnya, aktivitas ini juga dapat mengoptimalkan fungsi organ-organ tubuh lainnya.

4. Jangan jongkok terlalu lama
Anda yang menggunakan toilet jongkok di rumah sebaiknya hindari membaca, bermain handphone atau melakukan aktivitas lain selagi buang air besar. Hal ini bisa membuat Anda terlena sehingga bisa betah jongkok dalam waktu lama. Terlalu lama jongkok bisa menekan bagian anus sehingga terdorong ke luar. Jika dilakukan terus menerus risiko wasir akan semakin besar. Bagi penderita wasir, hal ini juga bisa memperparah wasir Anda.

5. Menjaga berat badan ideal dan berolahraga teratur
Poin ini berkaitan dengan penyebab wasir yang berupa obesitas atau kelebihan berat badan. Berat badan yang melebihi ideal bisa meningkatkan risiko wasir dan penyakit-penyakit lainnya karena timbunan lemak bisa menekan organ-organ penting dalam tubuh serta menyumbat aliran darah. Oleh karena itu menjaga berat badan tetap ideal dengan rutin berolahraga bisa menjadi cara efektif menyembuhkan wasirserta penyakit lainnya. Tubuh akan terasa jauh lebih segar dan sehat dengan rutin melakukan aktivitas olahraga.

6. Tidak menahan buang air besar
Ketika tubuh memberi sinyal untuk buang air besar sebaiknya segera Anda tuntaskan dan jangan ditahan. Menahan buang air besar bisa menyebabkan feses menjadi keras dan memicu konstipasi atau sembelit. Jika dilakukan terus menerus bukan tidak mungkin wasir Anda akan semakin parah.

Cara Menyembuhkan Wasir dengan Bahan-bahan Alami
Semakin banyaknya informasi dan penelitian tentang obat-obatan herbal membuat masyarakat mulai banyak yang beralih ke jenis pengobatan ini. Selain terbuat dari bahan alami yang aman dikonsumsi oleh tubuh, pengobatan secara herbal juga relatif lebih murah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Ada beberapa tanaman dan bahan-bahan alami yang ternyata dapat digunakan sebagai salah satu cara menyembuhkan wasir, diantaranya:

– Mengobati wasir menggunakan bawang putih
Bawang putih memang terkenal memiliki banyak khasiat dan dapat mengobati beberapa penyakit pada tubuh. Ternyata wasir pun bisa diatasi secara alami menggunakan bawang putih ini. Cara menyembuhkan wasir dengan bawang putih ini cukup mudah yaitu dengan cara dioles. Anda bisa membuat larutan bawang putih dengan cara menumbuk bawang putih sampai halus kemudian dicampur dengan air panas. Aduk larutan bawang tadi sampai merata. Setelah tercampur sempurna, larutan bisa disaring untuk memisahkan bagian ampas dari airnya. Larutan bawang tanpa ampas tadi selanjutnya bisa langsung dioleskan ke tonjolan wasir Anda. Mengoles larutan bawang putih secara rutin bisa dipilih sebagai salah satu cara menyembuhkan wasirsecara alami, mudah dan murah.

– Lidah buaya untuk meredakan wasir
Tanaman dengan nama latin Aloe vera ini sangat populer di kalangan masyarakat karena memiliki banyak kegunaan seperti perawatan kulit dan rambut. Ternyata, daun lidah buaya juga dapat digunakan untuk meredakan wasir. Bagian dalam daun lidah buaya yang berbentuk seperti gel mengandung anti inflamasi yang dapat membantu meredam peradangan yang terjadi pada tubuh. Sifat dingin dari gel lidah buaya ini juga membantu meredakan nyeri akibat wasir. Pecahnya pembuluh darah pada anus ketika buang air besar bisa menyebabkan iritasi, daun lidah buaya ini bisa membantu mengatasi iritasi serta mengurangi pembengkakan pada pembuluh darah. Anda bisa mengaplikasikan lidah buaya dengan mengoleskan gelnya langsung ke daerah anus untuk meredakan wasir. Anda juga bisa mengkonsumsi daun lidah buaya karena kandungannya yang bisa membantu melancarkan pencernaan dan memperlunak feses sehingga mudah dikeluarkan.

– Daun Cocor Bebek
Daun dengan nama lain Kalanchoe pinnata L ini kerap dianggap sebagai gulma yang tumbuh di perairan. Populasinya yang meledak seringkali membuat seluruh permukaan air dipenuhi oleh tanaman ini. Banyak orang yang berpikir untuk menghilangkan dan membasmi tanaman liar ini. Tapi tahukah Anda, ternyata daun cocor bebek memiliki manfaat yang luar biasa untuk penyakit wasir. Daun cocor bebek dapat digunakan sebagai salah satu cara menyembuhkan wasir secara alami karena memiliki kandungan antiseptik, anti inflamasi serta bisa menghentikan perdarahan. Cara menggunakan daun cocor bebek untuk pengobatan wasir ini adalah dengan mencuci bersih dan menjemur daun cocor bebek sampai kering. Daun yang telah kering ditumbuk dan dihaluskan sampai berbentuk bubuk. Anda bisa menyeduh bubuk daun cocor bebek tersebut dengan air hangat. Seduhan daun cocor bebek tadi bisa Anda tambahkan dengan madu agar rasanya lebih enak dan juga bisa memberikan manfaat yang lebih bagi tubuh.

– Kulit Manggis
Seperti bahan-bahan alami sebelumnya, kulit manggis juga dapat membantu menyembuhkan wasir karena adanya kandungan anti radang atau anti inflamasi. Wasir adalah kondisi pembengkakan dan peradangan pembuluh darah di anus, sehingga bahan-bahan yang mengandung anti inflamasi akan efektif untuk membantu meredakannya. Kandungan dalam kulit manggis juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan karena dapat mempercepat pembentukan dan perbaikan sel-sel darah yang rusak. Cara menyembuhkan wasir dengan kulit manggis dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kulit manggis dalam bentuk jus ataupun dalam ekstrak yang sudah banyak tersedia di pasaran. Anda tidak perlu bingung karena saat ini sudah banyak bereda berbagai merk produk ekstrak kulit manggis yang bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Itulah beberapa langkah hidup sehat yang bisa mulai Anda terapkan sehari-hari. Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat tidak hanya sebagai salah satu cara menyembuhkan wasir ataupun mencegahnya, tetapi juga bisa menjaga tubuh Anda tetap bugar dan terhindar dari penyakit-penyakit berat lainnya. Jika sudah terlanjur terkena wasir Anda juga bisa gunakan bahan-bahan alami untuk mengobatinya. Bahan-bahan alami akan lebih aman bagi tubuh meskipun hasilnya baru terlihat setelah konsumsi atau penggunaan secara rutin. Konsumsi obat-obatan herbal dapat menghambat wasir menjadi semakin parah serta dapat membatu meredakannya. Mulailah gaya hidup sehat Anda dari sekarang dan rasakan manfaatnya bagi tubuh dan jiwa Anda. Mencegah dan mengobati wasir pada tahap awal akan jauh lebih mudah dan murah dibandingkan mengobati bukan? Selamat mencoba!

================o0o================

Berikut adalah artikel lain tentang manfaat daun ungu yang terbukti mampu meringankan gejala wasir

Daun ungu untuk meringankan gejala wasir

ambejoss daun ungu

Daun Ungu termasuk tumbuhan perdu yang memiliki tiga jenis varietas yaitu daun berwarna ungu, hijau dan belang-belang putih. Varietas yang sering digunakan untuk wasir adalah yang berdaun ungu dengan nama latin Graptophyllum pictum yang memiliki sinonim nama Graptophyllum hortense Nees.

Tumbuhan ini memiliki nama daerah sebagai berikut: Pudin (Simalur, Sumatera), Daun ungu (Jawa Tengah), Handeleum (Sunda), Karaton (Madura), Temen (Bali), Kadi-kadi atau Kobi-kobi (Ternate), dan Dongo-dongo (Tidore).

Potensi Tanaman Daun Ungu

Daun ungu biasa digunakan sebagai tanaman hias, dan secara turun-temurun bagian daunnya telah digunakan untuk meringankan gejala wasir. Secara umum kandungan daun ungu antara lain alkaloid, pektin, asam formiat, glikosida, steroid, saponin, tanin.

Penggunaan Empiris

Wasir atau hemorrhoid merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya pembengkakan atau pembesaran pembuluh vena di bagian terbawah poros usus, baik di sisi dalam maupun di sisi luar anus. Penyakit ini ditandai dengan munculnya benjolan seperti bisul berwarna merah kebiru-biruan atau kehitaman. Ada dua tipe wasir yang lazim dikenal, wasir dalam (internal hemorrhoid) dan wasir luar (external hemorrhoid).

Kurang mengkonsumsi serat dapat mengakibatkan susah buang air besar (konstipasi), hingga penderita kerap mengejan. Pola defekasi yang tidak teratur pun serta jarangnya olahraga menjadi faktor pemicu timbulnya wasir.

Zat aktif di dalam daun ungu yang dapat mengurangi bengkak adalah kandungan senyawa flavonoid yang diduga bekerja dengan mekanisme melalui efek penghambatan pembentukan prostaglandin pada jalur metabolisme asam arakhidonat.


http://www.pom.go.id/ppid/2016/buletin_edisiI_2015.pdf

ambejoss daun ungu

De Nature Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Obat Tradisional (OT) dari dalam negeri, yang mencoba mengangkat dan menghidupkan kembali budaya Nenek Moyang kita yaitu jamu tradisional sebagai salah satu warisan leluhur budaya bangsa yang perlu di lestarikan. Salah satu produk De Nature adalah Ambejoss yang terbuat dari ekstrak daun ungu, mahkota dewa, kunyit putih yang bisa membantu meringankan gejala wasir serta menjaga stamina maupun kesehatan penderita wasir

Sekedar informasi untuk kenyamanan konsumen, bahwa produk dari perusahaan kami ini sudah memiliki:

  • Punya ijin resmi perusahaan dari kementrian kesehatan
  • Ijin BPOM, yang artinya sudah lulus uji stabilitas produk
  • Sertifikat Halal MUI, sehingga kehalalannya bisa di pertanggungjawabkan
  • Apoteker yang berpengalaman
  • Sudah melewati proses sortir bahan baku, guna menjaga mutu produk
  • Proses produksi sesuai slur CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional Yang Baik Dan Benar)

ambejoss daun ungu

Kontak pemesanan:

087736500711 (Call/ Sms)

082134844244 (Call/ Sms/ WhatsApp)

Pin BB By. Request

Apakah belanja online itu aman? Jangan khawatir, berikut adalah bukti bahwa perusahaan kami serius dan paketan barang kami sampai ke alamat konsumen:

Testimoni obat wasir ambejoss 1

Testimoni obat wasir ambejoss 1

Testimoni obat wasir ambejoss 1

Testimoni obat wasir ambejoss 1

Testimoni obat wasir ambejoss 1

Cara Menyembuhkan Wasir Secara Alami dengan Pola Hidup Sehat | seorangblogger | 4.5